Jawaban Soal UH INFTK Analisis Data - ANNEYA 7B

 

1. Menganalisis dan menginterpretasi data diperlukan untuk menyimpulkan atau mengambil keputusan.

2. Data yang disimpan dapat ditampilkan dalam sajian (visualisasi) tertentu. Sajian data dapat dalam bentuk yang lain, misalnya data berupa tabel angka dapat disajikan dalam bentuk graik. Hasil sajian akan mempermudah untuk melakukan analisis dan interpretasi sehingga menjadi informasi yang berguna. 

3. Data ada dua macam, yaitu Data kuantitatif dan Data kualitatif.

4. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis.

5. sekumpulan informasi atau juga keterangan– keterangan dari suatu hal yang diperoleh dengan melalui pengamatan atau juga pencarian ke sumber – sumber tertentu.

6. Kilobyte, Megabyte, Gigabyte, Terabyte, Petabyte.

7. Analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut.

8. Proses meninjau data dan sampai pada kesimpulan yang relevan dengan menggunakan berbagai metode analisis.

9. Worksheets, Freeze panes, Cell references, Format cells, Workbook

10. YEAR, MONTH, DAY function, DATE function, CURRENT Date and Time, HOUR, MINUTE, SECOND Function, TIME Function

11. Data yang akan kalian olah bisa saja masih memiliki data yang sama persis atau disebut duplikasi data.

12. Lembar kerja Ms. Excel (sheet) yang digunakan sebagai pengolah data.

  1. 13. Pilih satu sel dalam kolom yang ingin Anda urutkan.
  2. Pada tab Data, dalam grup Urutkan & Filter, klik. untuk melakukan pengurutan naik (dari A ke Z, atau angka terkecil ke terbesar).
  3. Klik. untuk melakukan pengurutan menurun (dari Z ke A, atau angka terbesar ke terkecil).

13.  Pengurutan dapat dilakukan untuk data angka maupun teks. Pengurutan juga dapat dilakukan berdasarkan satu atau beberapa kondisi.

14. Pilih kolom data yang ingin di-filter, pada menu Sort & Filter, pilih Filter.

15. Fitur untuk melakukan validasi data yaitu memastikan data yang dimasukkan pada suatu sel atau range telah memenuhi kriteria tertentu.

16. Share data yang dimaksud adalah data hasil pengolahan di Worksheet dapat dibagikan secara cetak (print) atau disalin ke aplikasi lainnya (copy).

17. Mengatur baris dan kolom tertentu agar dapat selalu tercetak otomatis walaupun berpindah halaman.

18. Ada 2 cara untuk melakukan copy dokumen, yaitu menggunakan paste dan paste link. Jika  menggunakan paste biasa, apabila datanya berubah di workbook, di dokumen salinan (hasil copy-nya) pun harus diubah satu per satu.

19. Kalian dapat mengamankan dokumen kalian dengan password. Kalian bisa memilih yang diamankan apakah hanya sheet tertentu saja atau keseluruhan workbook.

20. Caranya dengan  menyimulasikan lembar kerja dalam selembar kertas manila dan dengan menggunakan sticky notes.

Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman bab 9

Rangkuman INFTK Bab 1